Subscribe:

Monday, August 22, 2011

Optimasi blog dengan Google Page Speed dan Yahoo! YSlow


Optimasi kali ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi pesan kesalahan ketika browser melakukan rendering pada suatu halaman. Logikanya yaitu semakin sedikit kesalahan tentu akan semakin baik karena ini akan mengurangi kerja berat dari Browser atau paling tidak kita berusaha menghemat pemakain Bandwith.

Google Page Speed

Optimasi blog dengan Google Page Speed dan Yahoo! YSlow

Untuk Tools Optimasi yang pertama, saya biasanya menggunakan Google Page Speed, selain karena tools ini besutan langsung dari Google, tools ini juga memberikan informasi cukup lengkap mengenai laporan kesalahan pada halaman. Setiap halaman blog yang kita analisa secara otomatis akan dilaporkan kedalam tabel list. Page Speed akan memilah dan menginformasikan secara rinci apa saja kesalahan yang ditemukan, selain pesan kesalahan, disitu juga di-informasikan pesan kebenaran, yang berarti ditemukan sebagian element halaman yang tidak perlu lagi diperbaiki karena dianggap sudah benar.

Halaman yang selesai dianalisa Google Page Speed biasanya akan diberi nilai (score). Nilai score terbaik adalah 100, ingat! tidak mudah untuk bisa mencapai nilai 100,  saran saya cukuplah mencapai score antara 80-90/100, inipun sudah terbilang angka yang lumayan bagus.

Lalu bagaimana memperbaiki kesalahan?

Setiap pesan error yang ditampilkan dalam list semuanya tentu sudah ada solusinya, misalkan pesan tersebut menampilkan "Remove unused CSS" yang berati kita diminta untuk membuang kode CSS yang tidak digunakan. Silahkan klik link yang  menampilkan kesalahan, secara otomatis Google akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Nah, tugas kita tinggal pelajari saja intruksi dan tips optimasi dari Google.

Yahoo! YSlow

Selain Google Page Speed ada satu lagi tools yang biasanya saya gunakan yaitu Yahoo! YSlow. Pilihan pada YSlow karena saya menyadari tools ini dikembangkan langsung oleh Yahoo, tentu saja keakuratannya gak perlu diragunakan lagi. Sebenarnya cara kerja YSlow mulai dari informasi laporan kesalahan dan tetek bengeknya hampir sama saja dengan Google Page Speed, keduanya sama-sama memberikan informasi perbaikan dan tentu saja cara menangani kesalahan. Perbedaan yang mecolok terletak pada pemberian Nilai halaman, jika Google Page Speed berdasarkan pada Score, Yahoo YSlow sendiri berdasarkan pada Grade A-F dimana nilai Grade A adalah nilai terbaik dan Grade F adalah nilai yang terjelek. Seperti saya bilang diatas tentu sulit sekali untuk mencapai nilai sempurna, saran saya cukup diantara Grade B-C saja.

Nah, sekarang terserah rekan saja memilih dari kedua tools diatas, keduanya sama bagusnya. Hemat saya pilih salah satu saja, karena kedua tools diatas sudah pasti memberikan nilai score yang berbeda.

Cara Installasi:

Sebelum mencoba kedua Tools diatas pastikan rekan sudah menginstall firefox plugin untuk Firebug, ok! kalau sudah, silahkan install plugin untuk Google Page Speed dan Yahoo! YSlow. trus ngapain....apa ya?....ya tinggal langsung dicoba aja bro hehehe

No comments:

Post a Comment